Minggu, 28 September 2014

ASAL USUL NINIK MAMAK KAMPUNG LAMA PAKIS

                  ASAL USUL NINIK MAMAK KAMPUNG LAMA PAKIS


Ninik Mamak Kampung Lama Pakis Adalah salah satu Komunitas Masyarakat Adat di Wilayah Kerajaan Rokan IV Koto  , Mereka Tinggal dusun Pakobuk Desa Tanjung Medan Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu .

yang  saat dipimpin oleh : 

 DATUK  BENDAHARO MUDO AMIRUDDIN 

 Setelah Alih Generasi dari Kepemimpinan Datuk Bendaharo Mudo Amro ,

Pada Awalnya Kira Kira 5  Abad yang lalu ,Para Leluhur Ninik Mamak Kampung Pakis ,Berasal dari Kerajaan Gerantung Rao Padang , dengan suku Etnis dari Melayu dan Caniago .

Ketika itu Rombongan Menemukan Sungai yang deras dan dalam ,dan mereka tidak berani menyeberangi karena tidak ada Jembatan atau Perahu Penyeberangan .
Alhasil Mereka menemukan Pakis yang Besar dan Tinggi , sehingga mereka menebang Pakis dan membuat pakis menjadi jembatan penyeberangan , dan semenjak itu disebutlah Sungai itu menjadi Sungai Pakis dan membuat Kampung atau Tempat Tinggal di Hulu Sungai Pakis nyaitu Kampung Pakis .Karena Pada saat itu Kampung Pakis sangat Terisolir karena di tengah tengah Hutan Lebat ,Maka Mereka Migrasi ke Dusun Pakobuk di Pinggir Sungai Rokan dan Sebagian Lagi Ke Desa Tanjung Medan Dan desa Pemandang (jelasnya Lihat Paparan Kampung Lama Pakis )

Sampai Saat Ini di Kampung Pakis Lama masih ada Bukti sejarah ( Arkeologi) Berupa Hamparan Pemakaman Para leluhur Ninik Mamak Kampung Pakis Lama .
Keberadaan Masyarakat Hukum Adat ninik mamak Kampung Pakis Dari Dulu sampai Sekarang Masih Eksis dan telah memenuhi Syarat secara Hukum  maupun Peraturan Yang Berlaku Pada saat ini .

Komunitas Masyarakat Adat Pakis Memiliki nyaitu 

1.Ada Lembaga  dan Silsilah Keturunan atau Tarombo 
2.Mempunyai Wilayah teritorial atau Tanah Ulayat yang telah di kuasai dan di akui semenjak Beberapa abad yang lalu
3.mempunyai  Struktur Kerajaan yang memiliki Tugas dan pangkat maupun Kekuasaan ,Mulai dari Datuk Bendaharo Mudo ,Hulubalang dan lain lain 
4.Masyarakatnya berasal dari satu asal usul nyaitu Keturunan Datuk Bendaharo Mudo yang pertama 
5.Mempunyai Norma Norma ,Aturan Adat yang di Gunakan dan di hormati oleh Masyarakat adat ,di sampaing Hukum Nasional dan Norma agama .contohnya Aturan adat Perkawinan dan Aturan Adat Penyelesaian Apabila ada Permasalahan yang terjadi di Komunitas Masyarakat Pakis .
6.Memiliki Bukti Bukti Peninggalan sejarah antara Pemakaman Para Leluhur ,Bekas Perkampungan .
7.Memiliki Benda benda Bersejarah antara Lain Pakain Kerajaan ,Alat gendang Gong , Piso soko dan Lain Lain .
8.Menguasai dan mengadakan Pemungutan Hasil Hutan di Sekitar Desa Tanjung Medan Kampung Pakis Lama dan sekitar Dusun Pakobuk .


.Pada Umum nya Pekerjaan Komunitas Masyarakat Adat Kampung Pakis adalah Bertani ,Nelayan di sungai Rokan dan Memungut Hasil Hutan dan menanam Karet dan Kelapa sawit .

Masyarakat Adat Ninik Mamak Kampung Pakis mempunyai Tanah Ulayat yang terletak di Desa tanjung Medan dengan Batas Batas sebagai Berikut : 

Sebelah Timur  berbatasan dengan Penghulu Sepuluh Rokan lubuk dua ,Sepanjang Sungai Rokan

Sebelah Barat berbatasan dengan mulai dari Dari Hulu Sungai Pakis Sampai Lubuk Rao Bukit Simelembu

Sebelah Utara berbatasan dengan Si Jernih Bukit Potomeh Kurungan Kambing

Sebelah Selatan berbatasan dengan Naro Kayo Pematang Kancah Pemandang 

Yang Mana Tanah Ulayat tersebut Telah Disahkan oleh Dipertuan Agung Besar GUNIMAT di Ujung Batu Koto Tinggi Dekat Pematang Bendahara Sekarang .dan Tanah Ulayat tersebut telah di Kuasai dan di Jaga oleh Ninik Mamak Kampung Lama Pakis .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar